Ini juga sama

Monday, April 18, 2011

Tips Aman Membeli Produk online


Tips Aman Membeli Barang Online | Produk online


Saya memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan ketika membeli produk online berupa ebook. Mungkin bukan karena produknya yang kurang bermutu, karena meskipun produknya bagus kalau kitanya tidak serius mempelajarinya tetap saja tidak akan ada hasilnya.
Yang saya keluhkan adalah dari pelayanan pemilik produk online sendiri. Karena setelah saya pelajari materinya kurang begitu rinci sehingga kalau dipelajari oleh seorang pemula akan sulit sekali dimengerti ke mana alurnya. Dan untuk bertanya sangat sulit, karena pemilik produk online tersebut hanya memberikan no hp yang sulit dihubungi.
Akhirnya untuk mempelajari produk online tersebut yang berupa ebook saya tidak begitu minat, karena selain kesulitan mempelajarinya, juga tidak ada tempat untuk bertanya.

Dari rasa kecewa saya membeli produk online yang berbentuk ebook tersebut, saya ingin membagi tips kepada teman-teman semua. Agar ketika Anda memutuskan untuk membeli barang online atau produk online, Anda akan merasa aman dan tidak akan kecewa apalagi merasa ditipu.
Tips aman membeli produk online dari saya diantaranya adalah :
Pertama – Ketahui profil atau identitas pemilik produk online yang akan Anda beli. Mulai dari, nama, photo, alamat, no hp, email, alamat situs dan hal lain yang dapat menunjukkan identitas pemilik produk online. Karena kalau benar produk online tersebut berkualitas, dia tidak akan malu atau ragu memperlihatkan identitasnya.
Kedua – Cari testimoni pembeli lain, untuk meyakinkan hubungi salah satu atau beberapa orang yang telah membeli produk online tersebut. Tanyakan apakah produk online tersebut memuaskan.
Ketiga – Lihat domain web/blognya, apakah menggunakan yang gratisan atau yang berbayar. Biasanya kalau orang serius dalam menjalani bisnis dia akan menggunakan domain dan hosting berbayar, karena eksistensi dari sebuah domain dan hosting juga sangat mempengaruhi dalam bisnis online. Orang akan kelihatan serius dalam menjual produk online-nya apabila dia menggunakan domain dan hosting berbayar. (Meskipun kadang dengan menggunakan domain dan hosting gratis juga banyak yang serius dan jujur).
Keempat – Apakah dia memberikan layanan support system untuk pelanggannya bertanya apabila memiliki masalah atau keluhan terhadap produk online yang dia jual. Biasanya kalau orang serius, jujur dan professional dalam menjual sebuah produk online, dia akan memberikan alamat berupa YM, no hp dan email. Coba Anda telepon dia, apakah nomornya aktif, trus kalau aktif apakah dia mau menjawab telepon Anda.
Mudah-mudahan tips aman membeli produk online atau barang online dari saya bermanfaat bagi Anda semua.


No comments:

Post a Comment